SALURAN
DISTRIBUSI INDUSTRI & PEMASARAN LOGISTIC
Saluran pemasaran industri
atau saluran distribusi dapat digambarkan sebagai suatu kumpulan bagian-bagian
organisasi yang saling terkait mulai dari membuat suatu produk sampai produk
tersebut siap dijual ke pelanggan untuk digunakan. (Havaldar, 2005).
Saluran distribusi yang
efektif dan efisien akan memberikan keunggulan bersaing yang strategis bagi
perusahaan. Oleh karena itu, keputusan dan strategi saluran yang dipilih harus tepat
dan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan.
Perbedaan
Saluran Pemasaran Produk Industri dengan Produk Konsumen
|
Faktor- Faktor
|
Pasar Konsumen
|
Pasar Industri
|
|
Peran strategi saluran dalam
bauran pemasaran
|
Penting, karena banyak
konsumen mengaitkan outlet pengecer dengan kualitas produk dan citra (nama
baik) perusahaan
|
Kritis, karena kekurangan
persediaan untuk melayani pesanan ulang, dan keterlambatan pengiriman akan
menyebabkan keterlambatan maupun kerugiaan bagi pelanggan industri
|
|
Pengendalian Saluran
|
Biasanya di dominasi oleh
pabrikan atau pedagang besar
|
Umumnya didominasi oleh
pabrikan, namun ada juga yang dikendalikan oleh distributor
|
|
Panjang Saluran
|
Biasanya Panjang, terdiri
atas (melewati) beberapa tingkatan perantara
|
Pendek dan biasanya langsung
tanpa melibatkan perantara, dan masih pendek walaupun menggunakan perantara
|
|
Perantara
|
Menggunakan beragam jenis
perantara (grosir, pengecer, broker, dan agen)
|
Biasanya hanya
menggunakan dua jenis perantara yaitu
distributor industri dan agen pabrik
|
|
Jumlah penjualan produk/jasa
|
Kebanyakan produk melalui
perantara, diperkirakan hanya 5% yang langsung ke konsumen
|
Kebanyakan produk langsung
ke pelanggan khusus untuk kebutuhan produk dalam jumlah besar 75% langsung ke
pelanggan
|
|
Karakteristik Pembeli
|
Pemilihan pengecer sering
emosional dan berdasarkan citra
|
Pemilihan perantara tidak
dilakukan secara emosional tetapi lebih didasarkan pada kinerja
|
|
Pelayanan Persediaan
Konsumen
|
Pada Grosir dan pengecer
|
Pelanggan percaya pada
saluran
|
Fungsi Saluran Pemasaran Industri
·
Pembelian
·
Penjualan
·
Penyimpanan
·
Transportasi
·
Penyortiran
·
Keuangan
·
Penangan Resiko
·
Informasi Pasar
Kesimpulan
1.
Saluran
pemasaran pasar industri biasanya lebih pendek dibandingkan dengan pasar
konsumen
2.
Berdasarkan
volume penjualan industri diestimasikan sekitar 75% dari barang dan jasa
industri dijual langsung kepada pelanggan tanpa perantara
3.
Perantara
yang digunakan dalam pasar industri bukanlah grosir atau pengecer seperti yang
digunakan dalam pasar konsumen, tetapi perantara yang digunakan dalam pasar
industri adalah distributor industri atau agen pabrikan
4.
Perantara
yang digunakan dalam pemasaran industri lebih ditekankan untuk melaksanakan
fungsi penjualan, servis, dan memberikan bantuan teknis, dan
5.
Pentingnya
gudang lapangan dan pengendalian persediaan pada saluran pemasaran industri
sangat ditekankan dibandingkan pasar konsumen, mengingat ketiadaan atau
kehabisan produk/komponen dalam pasar industri dapat menghentikan proses
produksi dari perusahaan pelanggan industri.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar