Editors Picks

Minggu, 24 November 2019


SALURAN DISTRIBUSI INDUSTRI & PEMASARAN LOGISTIC
Saluran pemasaran industri atau saluran distribusi dapat digambarkan sebagai suatu kumpulan bagian-bagian organisasi yang saling terkait mulai dari membuat suatu produk sampai produk tersebut siap dijual ke pelanggan untuk digunakan. (Havaldar, 2005).
Saluran distribusi yang efektif dan efisien akan memberikan keunggulan bersaing yang strategis bagi perusahaan. Oleh karena itu, keputusan dan strategi saluran yang dipilih harus tepat dan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan.
Perbedaan Saluran Pemasaran Produk Industri dengan Produk Konsumen
Faktor- Faktor
Pasar Konsumen

Pasar Industri
Peran strategi saluran dalam bauran pemasaran

Penting, karena banyak konsumen mengaitkan outlet pengecer dengan kualitas produk dan citra (nama baik) perusahaan

Kritis, karena kekurangan persediaan untuk melayani pesanan ulang, dan keterlambatan pengiriman akan menyebabkan keterlambatan maupun kerugiaan bagi pelanggan industri

Pengendalian Saluran

Biasanya di dominasi oleh pabrikan atau pedagang besar

Umumnya didominasi oleh pabrikan, namun ada juga yang dikendalikan oleh distributor
Panjang Saluran

Biasanya Panjang, terdiri atas (melewati) beberapa tingkatan perantara

Pendek dan biasanya langsung tanpa melibatkan perantara, dan masih pendek walaupun menggunakan perantara

Perantara

Menggunakan beragam jenis perantara (grosir, pengecer, broker, dan agen)

Biasanya hanya menggunakan  dua jenis perantara yaitu distributor industri dan agen pabrik

Jumlah penjualan produk/jasa

Kebanyakan produk melalui perantara, diperkirakan hanya 5% yang langsung ke konsumen

Kebanyakan produk langsung ke pelanggan khusus untuk kebutuhan produk dalam jumlah besar 75% langsung ke pelanggan

Karakteristik Pembeli

Pemilihan pengecer sering emosional dan berdasarkan citra

Pemilihan perantara tidak dilakukan secara emosional tetapi lebih didasarkan pada kinerja
Pelayanan Persediaan Konsumen

Pada Grosir dan pengecer

Pelanggan percaya pada saluran

Fungsi Saluran Pemasaran Industri
·       Pembelian
·       Penjualan
·       Penyimpanan
·       Transportasi
·       Penyortiran
·       Keuangan
·       Penangan Resiko
·       Informasi Pasar

Kesimpulan
1.      Saluran pemasaran pasar industri biasanya lebih pendek dibandingkan dengan pasar konsumen
2.      Berdasarkan volume penjualan industri diestimasikan sekitar 75% dari barang dan jasa industri dijual langsung kepada pelanggan tanpa perantara
3.      Perantara yang digunakan dalam pasar industri bukanlah grosir atau pengecer seperti yang digunakan dalam pasar konsumen, tetapi perantara yang digunakan dalam pasar industri adalah distributor industri atau agen pabrikan
4.      Perantara yang digunakan dalam pemasaran industri lebih ditekankan untuk melaksanakan fungsi penjualan, servis, dan memberikan bantuan teknis, dan
5.      Pentingnya gudang lapangan dan pengendalian persediaan pada saluran pemasaran industri sangat ditekankan dibandingkan pasar konsumen, mengingat ketiadaan atau kehabisan produk/komponen dalam pasar industri dapat menghentikan proses produksi dari perusahaan pelanggan industri.

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar